Total Pageviews

Powered by Blogger.
RSS

ISP DAN DOMAIN


ISP
*        PENGERTIAN ISP
ISP ( INTERNET SERVICE PROVIDER ) atau PJI ( Penyelenggara Jasa Internet ) adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet.

*        FUNGSI  ISP :
1.    Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
2.    Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
3.    Menyediakan modem untuk dial-up.
4. Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
5. Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
6.    Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
7.    Memberi tempat untuk homepage. 
*        LAYANAN  LAYANAN  YANG  DIBERIKAN  OLEH  ISP :  
*      Electronic Mail / E-mail / Messaging
*      World Wide Web
*      File Transfer Protocol
*      News Group
*      Telnet
*      Ghoper
*      Chat / IRC ( Internet Relay Chat )
*      PING ( Packet Internet Groper )

1. Electronic Mail / E-mail / Messaging 
Electronic mail (e-mail) merupakan salah satu layanan yang tersedia di internet. Layanan ini digunakan untuk saling korespondensi antar teman, relasi, lembaga dan lain sebagainya. Dengan E-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file-file berupa program, gambar, grafik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan. Konsep E-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas.
2. World Wide Web ( www )
Internet adalah sejumlah komputer di dunia (saat ini berjumlah jutaan) yang terhubung dalam suatu jaringan yang menerapkan konsep client-server (client = komputer yang dilayani; server = computer yang melayani permintaan client).
Cara paling mudah untuk memahami apa sebenarnya world wide web adalah bayangkan sebuah lemari didalam rumah anda, lemari tersebut dapat berisi majalah, buku pelajaran, koran, kaset video, peralatan, uang, akta tanah, pakaian dan lain sebagainya. Lemari itulah yang dimaksud dengan world wide web, lengkapnya www adalah tempat untuk memberikan informasi berbasiskan elektronik berupa : multimedia, teks , grafis serta segala data dan informasi yang dapat dimasukkan dalam format – format tersebut, umunya bahasa yang digunakan untuk memberikan informasi berbasiskan HTML. Saat ini world wide web merupakan bagian yang paling terkenal dari internet sebab kemudahan dan fleksibilitas dalam penyampaian informasi.
3.  File Transfer Protocol ( FTP )   
File transfer protocol adalah salah satu aplikasi di Internet untuk mengambil (download) dan meletakkan (upload) suatu file di FTP server antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dengan jaringan Internet.
Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP) FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan prose upload suatu halaman web ke web server agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.
Secara teknis, aplikasi FTP disebut sebagai FTP client, dan yang populer digunakan saat ini antara lain adalah Cute FTP dan WS_FTP, Aplikasi-aplikasi ini umumnya dimanfaatkan untuk transaksi FTP yang bersifat dua arah (active FTP). Modus ini memungkinkan pengguna untuk melakukan baik proses upload maupun proses download. Tidak semua semua server FTP dapat diakses dalam modus active. Untuk mencegah penyalahgunaan yang dapat berakibat fatal bagi sebuah server FTP maka pengguna FTP untuk modus active harus memiliki hak akses untuk mengirimkan file ke sebuah server FTP.
Hak akses tersebut berupa sebuah login name dan password sebagai kunci untuk memasuki sebuah sistem FTP server. Untuk modus passive, selama memang tidak ada restriksi dari pengelola server, umumnya dapat dilakukan oleh semua pengguna dengan modus anonymous login (log in secara anonim). Kegiatan mendownload software dari Internet misalnya, juga dapat digolongkan sebagai passive FTP.
4. News Group / Mailing List / Milis
Mailing list atau milis merupakan satu dari sekian banyak layanan di internet. Sebagai forumdiskusi antar anggota, berinteraksi dan berbagi ide secara online. Seperti halnya kelompok atau komunitas yang mempunyai kesamaan minat, hoby, visi, dll. Anggota mailing list biasanya lintas daerah artinya jarak yang jauh bukan menjadi masalah untuk saling komunikasi. Apalagi dengan teknologi sekarang pengiriman data bisa dilakukan dengan cepat dalam hitungan detik. Selain harus mempunyai kesamaan minat, salah satu syarat utama untuk menjadi anggota mailing list adalah mempunyai account email. Karena proses komunikasi dilakukan melalui email. Email yang terkirim secara otomatis akan diterima oleh semua anggota mailing list. Kecuali jika ada anggota yang no mail pada accountnya. Masing-masing mailing list mempunyai bahasan yang berbeda, sesuai dengan maksud dan tujuan mailing list tersebut. Ada banyak situs yang menyediakan layanan mailing list dan gratis, salah satunya adalah yahoo groups yang umum digunakan oleh banyak komunitas.
5. Telecommunications Network ( Telnet )
 Telnet dapat menghubungkan komputer yang terletak jauh dari komputer kita. Jadi yang dilihat dari monitor komputer adalah isi dari komputer yang dihubungkakn tersebut. Ini sering disebut juga “Remote Login”. Hal-hal yang dapat dilakukan dengan telnet adalah sebagai berikut:
a.)  Mencari katalog perpustakaan, kampus dan sebagainya
b.)  Mencapai database
c.)  Mencapai Bulettin Board Organisasi
Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di remote host.
Aplikasi Telnet umumnya digunakan oleh pengguna teknis di internet. Dengan memanfaatkan Telnet, seorang administrator sistem dapat terus memegang kendali atas sistem yang ia operasikan tanpa harus mengakses sistem secara fisik, bahkan tanpa terkendala oleh batasan geografis.
Namun demikian, penggunaan remote login, khususnya Telnet, sebenarnya mengandung resiko, terutama dari tangan-tangan jahil yang banyak berkeliaran di internet. Dengan memonitor lalu lintas data dari penggunaan Telnet, para cracker dapat memperoleh banyak informasi dari sebuah host, dan bahkan mencuri data-data penting sepert login name dan password untuk mengakses ke sebuah host. Kalau sudah begini, mudah saja bagi mereka-mereka ini untuk mengambil alih sebuah host. Untuk memperkecil resiko ini, maka telah dikembangkan protokol SSH (secure shell) untuk menggantikan Telnet dalam melakukan remote login. Dengan memanfaatkan SSH, maka paket data antar host akan dienkripsi (diacak) sehingga apabila "disadap" tidak akan menghasilkan informasi yang berarti bagi pelakunya.
6. Ghoper
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher. 
7. Chat / IRC
Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC.
8. PING ( Packet Internet Groper )
Ping adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diuji coba konektivitasnya dan menunggu respons darinya. Nama "ping" berasal dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek.
Apabila utilitas ping menunjukkan hasil yang positif maka kedua komputer tersebut saling terhubung di dalam sebuah jaringan. Hasil statistik keadaan koneksi ditampilkan dibagian akhir. Kualitas koneksi dapat dilihat dari besarnya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil kedua angka tersebut, semakin bagus kualitas koneksinya.

DOMAIN
*        PENGERTIAN DOMAIN
Domain adalah nama unik dan yang berungsi sebagai alamat penunjuk spesifik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sedangkan Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat mengakses server. Selain itu domain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus menghafal deretan angka  rumit yang dikenal sebagai IP address.

*        AKHIRAN DOMAIN  BERDASARKAN NEGARA DAN INSTITUSI/PERUSAHAAN
   Berikut adalah nama nama domain beserta fungsinya :
gov – Digunakan Untuk Untuk Pemerintahan
edu – Digunakan Untuk Institusi pendidikan
org – Digunakan Untuk Organisasi / Kegiatan Nonprofit
mil – Digunakan Untuk Militer
com – Digunakan Untuk Organisasi Profit / Komersial
net – Digunakan Untuk Organisasi Network
name – Digunakan untuk personal / keluarga
tv – Digunakan Untuk Pertelevisian
info – Digunakan Untuk kepentingan Informasi
biz – Digunakan Untuk Kepentingan Bisnis
travel – Digunakan Untuk Pariwisata
xxx – Digunakan untuk Hiburan Dewasa (Pornografi)

 Agar informasi tentang domain lebih lengkap, berikut saya lampirkan daftar domain dan negaranya
.ac – Ascension
.ad – Andorra
.ae – Uni Emirat Arab
.af – Afganistan
.ag – Antigua dan Barbuda
.ai – Anguilla
.al – Albania
.am – Armenia
.an – Antillen Belanda
.ao – Angola
.aq – Antartika
.ar – Argentina
.as – Samoa Amerika
.at – Austria
.au – Australia
.aw – Aruba
.ax – Åland
.az – Azerbaijan
.ba – Bosnia Herzegovina
.bb – Barbados
.bd – Bangladesh
.be – Belgia
.bf – Burkina Faso
.bg – Bulgaria
.bh – Bahrain
.bi – Burundi
.bj – Benin
.bm – Bermuda
.bn – Brunei Darussalam
.bo – Bolivia
.br – Brasil
.bs – Bahama
.bt – Bhutan
.bv – Pulau Bouvet
.bw – Botswana
.by – Belarus
.bz – Belize
.ca – Kanada
.cc – Pulau Cocos
.cd – Republik Demokratik Kongo (dulunya .zr – Zaire)
.cf – Republik Afrika Tengah
.cg – Republik Kongo
.ch – Swiss
.ci – Côte d’Ivoire (Pantai Gading)
.ck – Kepulauan Cook
.cl – Chili
.cm – Kamerun
.cn – Republik Rakyat Cina
.co – Kolombia
.cr – Kosta Rika
.cs – Serbia dan Montenegro
.cu – Kuba
.cv – Tanjung Verde
.cx – Pulau Natal
.cy – Siprus
.cz – Republik Ceko
.de – Jerman
.dj – Djibouti
.dk – Denmark
.dm – Dominika
.do – Republik Dominika
.dz – Aljazair (Algeria)
.ec – Ekuador
.ee – Estonia
.eg – Mesir
.eh – Sahara Barat (tidak dipakai; tidak ada DNS)
.er – Eritrea
.es – Spanyol
.et – Ethiopia
.eu – Uni Eropa (kode domain yang “dikhususkan” oleh ISO 3166-1)
.fi – Finlandia
.fj – Fiji
.fk – Kepulauan Falkland
.fm – Federasi Mikronesia
.fo – Kepulauan Faroe
.fr – Perancis
.ga – Gabon
.gb – Britania Raya (Reserved domain by IANA; deprecated – see .uk)
.gd – Grenada
.ge – Georgia
.gf – Guyana Perancis
.gg – Guernsey
.gh – Ghana
.gi – Gibraltar
.gl – Greenland
.gm – Gambia
.gn – Guinea
.gp – Guadeloupe
.gq – Guinea Khatulistiwa
.gr – Yunani
.gs – Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan
.gt – Guatemala
.gu – Guam
.gw – Guinea Bissau
.gy – Guyana
.hk – Hong Kong
.hm – Pulau Heard dan Kepulauan McDonald
.hn – Honduras
.hr – Kroasia
.ht – Haiti
.hu – Hongaria
.id – Indonesia
.ie – Republik Irlandia
.il – Israel
.im – Pulau Man
.in – India
.io – Teritori Samudra Hindia Britania
.iq – Irak
.ir – Iran
.is – Islandia
.it – Italia
.je – Jersey
.jm – Jamaika
.jo – Yordania
.jp – Jepang
.ke – Kenya
.kg – Kirgizstan
.kh – Kamboja
.ki – Kiribati
.km – Komoro
.kn – Saint Kitts dan Nevis
.kp – Korea Utara (tidak dipakai; tidak ada DNS)
.kr – Korea Selatan
.kw – Kuwait
.ky – Kepulauan Cayman
.kz – Kazakhstan
.la – Laos
.lb – Lebanon
.lc – Saint Lucia
.li – Liechtenstein
.lk – Sri Lanka
.lr – Liberia
.ls – Lesotho
.lt – Lituania
.lu – Luxemburg
.lv – Latvia
.ly – Libya
.ma – Maroko
.mc – Monako
.md – Moldova
.me – Montenegro
.mg – Madagaskar
.mh – Kepulauan Marshall
.mk – Republik Makedonia
.ml – Mali
.mm – Myanmar
.mn – Mongolia
.mo – Makau
.mp – Kepulauan Mariana Utara
.mq – Martinique
.mr – Mauritania
.ms – Montserrat
.mt – Malta
.mu – Mauritius
.mv – Maladewa
.mw – Malawi
.mx – Meksiko
.my – Malaysia
.mz – Mozambik
.na – Namibia
.nc – Kaledonia Baru
.ne – Niger
.nf – Pulau Norfolk
.ng – Nigeria
.ni – Nikaragua
.nl – Belanda (ccTLD terdaftar pertama)
.no – Norwegia
.np – Nepal
.nr – Nauru
.nu – Niue
.nz – Selandia Baru
.om – Oman
.pa – Panama
.pe – Peru
.pf – Polinesia Perancis
.pg – Papua Nugini
.ph – Filipina
.pk – Pakistan
.pl – Polandia
.pm – Saint-Pierre dan Miquelon
.pn – Kepulauan Pitcairn
.pr – Puerto Riko
.ps – Otoritas Nasional Palestina
.pt – Portugal
.pw – Palau
.py – Paraguay
.qa – Qatar
.re – Réunion
.ro – Rumania
.rs – Serbia
.ru – Rusia
.rw – Rwanda
.sa – Arab Saudi
.sb – Kepulauan Solomon
.sc – Seychelles
.sd – Sudan
.se – Swedia
.sg – Singapura
.sh – Saint Helena
.si – Slovenia
.sj – Svalbard dan Jan Mayen (tidak dipakai; tidak terdaftar)
.sk – Slowakia
.sl – Sierra Leone
.sm – San Marino
.sn – Senegal
.so – Somalia
.sr – Suriname
.st – Sao Tome dan Principe
.su – Uni Soviet (terdepresiasi; digantikan; kode domain “dipakai untuk pergantian” oleh ISO 3166-1)
.sv – El Salvador
.sy – Suriah
.sz – Swaziland
.tc – Kepulauan Turks dan Caicos
.td – Chad
.tf – Teritorial Perancis Selatan
.tg – Togo
.th – Thailand
.tj – Tajikistan
.tk – Tokelau
.tl – Timor Leste
.tm – Turkmenistan
.tn – Tunisia
.to – Tonga
.tp – Timor Timur (terdepresiasi – gunakan .tl; kode domain “dipakai untuk pergantian” oleh ISO 3166-1)
.tr – Turki
.tt – Trinidad dan Tobago
.tv – Tuvalu
.tw – Republik Cina (Taiwan)
.tz – Tanzania
.ua – Ukraina
.ug – Uganda
.uk – Inggris (kode domain yang “dikhususkan” oleh ISO 3166-1) (lihat pula .gb)
.us – Amerika Serikat
.uy – Uruguay
.uz – Uzbekistan
.va – Vatikan
.vc – Saint Vincent dan Grenadines
.ve – Venezuela
.vg – Kepulauan Virgin Britania Raya
.vi – Kepulauan Virgin Amerika Serikat
.vn – Vietnam
.vu – Vanuatu
.wf – Wallis dan Futuna
.ws – Samoa (dulunya Samoa Barat)
.ye – Yaman
.yt – Mayotte
.yu – Yugoslavia
.za – Afrika Selatan
.zm – Zambia
.zw – Zimbabwe

*        ATURAN  PENULISAN  URL  / NAMA  DOMAIN

protocol://hostname/[path/[filename]]
·         Protocol adalah metode atau mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer data. Server dan browser untuk WWW harus mendukung protokol HTTP agar dapat melakukan pertukaran data.

·         Hostname adalah alat yang memiliki IP (Internet Protocol) address di suatu network TCP/IP. Alat tersebut dapat berupa komputer, printer, router, atau modem. Misalnya IP address dari google adalah 202.164.34.02. Jika semua alamat situs dituliskan dengan format angka seperti ini, maka tentu kita akan kesulitan dalam mengingatnya. Untuk itu, diperlukan hostname agar kita lebih mudah mengingat alamat website

·         [path/[filename]  adalah lokasi penyimpanan dan nama file pada suatu server.
Contoh alamat internet http://www.yanika.co.id/download/soal-tik-ix.html/. 
1.     http : Protocol
2.     www.yanika.co.id : host
3.     download : path
4.     soal-tik-ix.html : Nama file
Nama domain adalah bagian di belakang tanda a keong (@) suatu alamat email, misalnya bdg.centrin.net.id atau itb.ac.id. Nama domain terdiri dari beberapa kata yang dipisahkan dengan titik untuk menandai urutan tingkatan organisasi yang meningkat dari kiri ke kanan. Domain bkkbn.go.id, misalnya, adalah untuk Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, bagian dari pemerintah Indonesia.
Secara sederhana bisa dikatakan bahwa kata terkiri pada nama domain adalah nama komputer yang mengurus email. Organisasi kecil barangkali hanya memiliki satu komputer untuk mengerjakan segala pekerjaan; organisasi yang lebih besar dapat memiliki banyak komputer. Contohnya, email untuk Indosat semua masuk melalui mail.indosat.net.id.
Jika Anda mendapat email dari seseorang, tapi tidak ada tanda @ di alamat emailnya,maka kemungkinan nama domainnya persis sama dengan Anda. Misalnya, jika anton@nama-asal.co.id mengirim email ke deni@nama-asal.co.id, Deni mungkin melihat hanya anton di field return address.
Kalau misalnya ada kata yang hilang, mungkin terdapat kesamaan nama domain. Misal, jika anton@satu.nama-asal.co.id mengirim email ke deni@dua.nama-asal.co.id, Deni mungkin melihat hanya anton@satu di field return address.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Anonymous said...

SEGA GENESIS - GAN-GAMING
SEGA GENESIS. GENESIS-HANDS. casino-roll.com Genesis https://octcasino.com/ (JP-EU). NA. NA. https://septcasino.com/review/merit-casino/ NA. casinosites.one SEGA GENESIS-HANDS. sol.edu.kg NA. SEGA GENESIS. NA. GENESIS-HANDS. NA.

Post a Comment